Rabu, 10 Juni 2009

RSBI Laris Manis

Bekasi, (tvOne)

Sekolah dengan status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai diserbu calon siswa baru setelah berakhirnya Ujian Nasional (UN) tingkat SMA.

Sekretaris Panitia Penerimaan Siswa Baru (PPSB) SMAN 1 Kota Bekasi, Hany Widaningsih di Bekasi, Kamis mengatakan, sejak dibuka pendaftaran siswa baru, Senin (11/5), pihaknya telah menerima pendaftaran 354 calon siswa.

"Belum selesai proses pengumuman kelulusan UN, SMAN 1 Kota Bekasi menerima ratusan calon siswa. Hal ini membuktikan RSBI banyak diminati siswa di Kota Bekasi," katanya.

Menurut dia, jumlah tersebut diprakirakan akan meningkat bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai total pendaftaran sebanyak 620 peserta didik baru.

Penurunan syarat nilai rata-rata calon siswa pada tahun ini sebesar 7,0 dari tahun sebelumnya sebesar 7,5 menjadi alasan peningkatan jumlah pendaftar di sekolah yang dianggap terbaik untuk Kota Bekasi itu.

"Bila pada tahun lalu kami menerapkan standar nilai minimum 7,5 pada semester 1-5, tahun ini diturunkan menjadi 7,0 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA," katanya.

Penurunan nilai tersebut, kata dia sudah melalui persetujuan Wali Kota Bekasi Mochtar Mohammad dengan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Pihaknya juga membuka kesempatan kepada siswa berprestasi dari wilayah Kota maupun Kabupaten Bekasi untuk bergabung di sekolah RSBI.

"Kami membuka peluang seluas-luasnya kepada siswa berprestasi untuk bergabung di sekolah kami melalui tes ujian masuk nanti. Kalau pun tidak lulus, mereka bisa mencoba lagi di sekolah reguler yang dibuka pada tanggal 8 Juni nanti," katanya.

Menurut dia, nilai seorang siswa tidak selalu statis setiap semester. "Bisa saja di semester 1 dan 2 nilainya kecil, tapi di semester berikutnya nilainya naik terus, kalau dirata-rata bisa mencapai 7,0," kata Hany.

Ia menambahkan, pendaftaran RSBI di Kota Bekasi dibuka pada 11 hingga 20 Mei 2009. Wawancara siswa dan orang tua dilakukan pada 22-28 Mei, dilanjutkan dengan seleksi masuk pada tanggal 5 Juni. Sementara pengumuman dilakukan tanggal 8 Juni nanti.

Kurniawati, orang tua calon siswa mengatakan, alasannya memilih SMAN 1 sebagai pilihan utama kelanjutan pendidikan anaknya, karena di sekolah ini mayoritas lulusannya sebagian besar diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

"Ini memang maunya anak saya, selain itu saya dengar semua lulusannya bisa lolos ke perguruan tinggi negeri, karena ada kebijakan akselerasi," katanya.

Selain itu, katanya, sejumlah fasilitas penunjang belajar seperti ruangan berpendingin, perangkat tekhnologi informasi (TI), serta keamanannya menjadi nilai tambah bagi sekolah tersebut.

"Keamanan penting untuk melindungi siswa, karena sekarang sedang marak aksi tawuran antarsekolah dan narkoba. Di sekolah ini sangat ketat sehingga orang tua bisa tenang," kata warga Bima Citra Utama, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi itu.(Ant)

Sumber Tulisan :

http://www.tvone.co.id/berita/view/13933/2009/05/14/rintisan_sekolah_bertaraf_internasional_rsbi_bekasi_laris_manis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar